Tips Memilih Label Kemasan Makanan untuk Usaha Kuliner - Pelaris Dagang Alami dan Paling Ampuh Melariskan Dagangan

Tips Memilih Kemasan Makanan Usaha Kuliner

label kemasan makanan

Dikutip di rakyatku.com, Pada tanggal 5 Maret 2016, Kantong plastik berbayar sudah diberlakukan di Makasar. Ini adalah salah satu kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sebagai kemasan makanan maupun pembungkus makanan. Sampai saat ini, sudah banyak minimarket yang memberlakukan kantong plastik berbayar.

Hal ini juga disebabkan oleh adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kondisi lingkungan yang semakin memburuk karena ulah para oknum-oknum. Masyarakat sudah sadar, bahwa kantong plastik yang digunakan untuk kemasan makanan sangatlah tidak sehat. Kantong plastik pasti mengandung zat-zat kimia yang pastinya akan mencemari makanan yang ada di dalamnya dan akan beresiko terhadap para konsumen.

Dalam melihat masalah ini, jika anda seorang pengusaha kuliner, tentunya masalah ini akan menjadi perhatian serius bagi anda terkait dalam pemilihan kemasan yang aman dan tentunya menarik minat pelanggan. Semua orang sudah mengetahui bahwa pemilihan dan penggunaan label kemasan makanan akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan. Label kemasan makanan yang menarik dan tentunya dapat menjamin kesehatan produknya akan membuat konsumen tertarik dan percaya dengan produk anda.

Oleh karena itu, disini, kita akan  bersama-sama belajar tentang kriteria label kemasan makanan yang aman digunakan.

Kedap Udara

Kriteria label kemasan makanan yang pertama adalah kemasan kedap udara. Kenapa? Karena faktor udara luar yang sudah tercampur polusi, virus, debu, atau mungkin hal-hal lain yang berbahaya bagi kesehatan kita. Ketika kita menggunakan label kemasan makanan kedap udara, kita pasti akan memperkecil peluang masuknya hal-hal yang membahayakan kesehatan kita melalui udara. Bukan hanya karena itu, label kemasan makanan yang tidak kedap udara biasanya berpengaruh terhadap tekstur makanan dan rasa makanan itu sendiri.

Kedap Air

Salah satu alasan kantong plastik digunakan sebagai label kemasan makanan oleh para pengusaha kuliner adalah karena mampu menahan air, disamping juga fleksibel. Alasan lain dari penggunaan label kemasan makanan yang kedap air adalah terdapat beberapa makanan yang rentan terhadap air dan dapat menurunkan kualitas makanan tersebut. Ada beberapa makanan yang bisa basi atau rusak hanya karena terkontaminasi air.

Sedikit mengingatkan, tidak semua bahan plastik bisa digunakan untuk label kemasan makanan. Berikut ini terdapat beberapa jenis plastik yang dapat anda gunakan untuk dijadikan sebagai label kemasan makanan yang aman:

  • Polyethylene terephtalate (PTE atau PETE): plastik jenis ini biasanya digunakan untuk lebel kemasan air minum, jus buah, saus, minyak goreng, minuman berkarbonasi, selai, dan jelly.
  • High density polyethylene (HDPE): plastik jenis ini biasa digunakan untuk kemasan galon air minum, botol, yogurt, dan susu.
  • Low density polyethylene (LDPE): untuk jenis ini, biasanya digunakan untuk label kemasan makanan seperti maakanan beku, roti, juga sebagai botol plastik yang dapat ditekan.
  • Polypropylene (PP): jenis yang terakhir ini biasa digunakan untuk label kemasan makanan saus tomat, margarin, serta sup.

Nah, sekarang kita sudah tahu, mana plastik yang cocok untuk jenis makanan tertentu. Jika kita lihat dari jenis-jenis plastik diatas, yang relatif aman untuk dijadikan sebagai label kemasan makanan ialah yang pertama, yaitu PTE. Kemanan ini sudah diuji oleh FDA dan terbukti aman.

Jangan Pernah Memaikai Styrofoam

Yang satu ini sudah banyak sekali pengusaha kuliner yang menggunakan. Entah karena tidak tahu apa memang karena lebih banyak keuntungannya jika menggunakan styrofoam sebagai label kemasan makanan cepat saji. Coba kita bayangkan, bahan dari styrofoam terbukti tahan panas dan juga relatif murah. Tapi styrofoam dijamin 100% tidak aman untuk kesehatan.

Walaupun sudah diakali dengan melapisi kertas minyak, tapi sebenarnya resiko larutnya material kimia masih saja bisa terjadi. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menghindari penggunaan styrofoam sebagai label kemasan makanan untuk usaha kuliner kita. Atau, jika memang terpaksa menggunakannya, kita harus melapisinya dengan bahan yang aman untuk kesehatan.

Jangan Pernah Memakai Bahan Logam

Jika anda memproduksi makanan jangka panjang dan menggunakan logam sebagai label kemasan makanan anda, sebaiknya anda kurangi penggunaan logam. Kita tahu bahan logam lebih efektif untuk makanan yang berjangka panjang. Akan tetapi, jika kualitas logam kita rendah, logam yang kita jadikan sebagai kemasan makanan bisa terkelupas dan berkarat. Akibatnya makanan yang didalamnya bisa membahayakan kesehatan konsumen.

Memberikan Sirkulasi Udara

Mungkin poin ini bertentangan dengan poin pertama. Akan tetapi, anda juga tahu, sebenarnya kita menggunakan label kemasan makanan kita menurut jenis dari makanan kita. Termasuk poin ini, poin ini mengacu pada beberapa makanan yang membutuhkan sirkulasi udara seperti makanan yang baru selesai diolah atau makanan yang bersuhu tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi label kemasan makanan yang bisa kita gunakan untuk menarik konsumen dan menyehatkan konsumen. Jika anda kreatif dan inovatif, anda akan menemukan banyak ide untuk mencari bahan yang tepat sebagai label kemasan makanan anda. Anda menggunakan label kemasan makanan dari alam seperti daun misalnya. Jika anda mempunyai banyak ide kreatif, anda bisa saja menggunakan apapun untuk memajukan bisnis anda.

Namun, yang namanya manusia, pasti tidak selalu mempunyai ide cemerlang. Tidak mungkin yang namanya manusia selalu mendapatkan keuntungan. Karena kita manusia, kita termasuk makhluk. Dan makhluk itu, harus melakukan apa yang Creator kita mau. Kita tidak boleh menyalahkan-Nya. Kita harus selalu tunduk kepada-Nya agar kita selalu deberikan apa yang kita mau.

Baca Juga: Doa Pelaris untuk Dagangan yang Sepi

Kita harus melakukan usaha-usaha ekstra untuk mencari perhatian-Nya. Walaupun kita sudah selalu diperhatikan, akan tetapi sebagai makhluk, kita selayaknya berterima kasih atas semua anugerah yang Dia berikan kepada kita setiap detik. Ketika Sang Pemurah menyukai apa yang kita lakukan, kesuksesan akan mudah sekali kita dapatkan. Bahkan detik ini juga kita bisa tiba-tiba sukses “Jika Dia Menghendaki”.

Baca Juga: Doa Kekayaan Nabi Sulaiman Bisa Jadi Pelaris?

Kemudaian, usaha apa yang bisa dilakukan unutk membuat-Nya senang? Apapun. Iya, apapun yang kita lakukan akan membuatnya senang asalkan tidak melakukan semua hal yang Dia benci. Atau sederhananya “kalau tidak bisa membuat-Nya senang, setidaknya jangan membuat Dia murka”. Begitulah seharusnya orang yang mengerti tentang kehidupan.

Baca Juga: Doa Agar Dagangan Laris

Lihat Lainnya

azimat_pelaris_dagang.jpg
Azimat Pelaris Dagangan
Harga:Rp950.000,-
Mustika_Swastika.jpg
Mustika Swastika
Harga:Rp2.580.000,-
mustika-jaya-ningrat-1.jpg
Mustika Jaya Ningrat
Harga:Rp2.850.000,-
Artikel Terbaru
Hubungi Kami
Customer Service
CS 1: Susan
Call/SMS: +62 813-7576-3726
BBM: D12EA3D5
E-mail:
info.spiritual45@gmail.com
CS 2: Andra
Call/SMS/WA: 089 661 735 171
BBM: 5F351097
E-mail:
info.spiritual45@gmail.com
Konsultasi
DEVI AURA
Call/SMS/WA: 0858 7625 1967
BBM: 5F520EF4
E-mail:
info.spiritual45@gmail.com
Alamat Kami
karya abadi

CV. Karya Abadi
Alamat: Jl. Mulya No.46 Karangampel, Kaliwungu, Kudus, 59332, Jawa Tengah


Jam Kerja
Senin - Sabtu
Pukul: 08.00 - 16.00 WIB
(Diluar jam kerja hanya melayani sms, whatsapp, dan BBM)
ke atas